Jumat, 31 Juli 2015

Perjalanan Albert Einstein

ALBERT EINSTEIN
Albert Einstein lahir di Jerman tahun 1879 . Sejak lahir sampai meraih gelar dokto pada tahun 1905 , Einstein belum termasuk ilmuwan yang besar sehingga baynak orang mengatakan prestasi Einstein biasa-biasa saja .
Pada tahun 1905 Einstein meraih gelar doctor dari Universitas Zurich . Beberapa saat kemudia , setelah meraih gelar doctor Einstein menerbitkan karya ilmiah mengenai teori relatif , efek foto elektrik , dan teori gerak brown .
Karya ilmiah inilah yang mengangkat dirinya menjadi seorang ilmuwan besar sehingga pada tahun 1921 ia mendapatkan hadiah Nobel . Hadiah Nobel adalah suatu hadiah tingkat dunia yang diberikan kepada orang-orang yang telah berjasa dalam menemukan suatu ilmu pengetahuan .
Karena jasa-jasanya , pada tahun 1913 Einstein diangkat sebagai mahaguru di Universitas Berlin . Pada waktu yang hamper bersamaan dia pun diangkat menjadi direktur Lembaga Fisika Kaisar Wilhelm dan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia .
Pada tahun 1933 Einstein pindah ke Amerika Serikat . Dn disana ia bekerja pada Lembaga Studi Lanjutan Tinggi . Tujuhtahun kemudian setelah kepindahannya ke Amerika Serikat , Einstein resmi menjadi warga Negara Amerika Serikat .
Pada tahun 1939 Einstein mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat , Roosevelt . Inti isi surat tersebut adalah tentang kemungkinan hasil penelitiannya tentang pembuatan senjata atom . Usul Einstein ini disambut dengan baik oleh Roosevelt sehingga didirikan Proyek Manhattan yang terkenal itu . Proyek ini ternyata berhasil menciptakan Bom Atom yang pertama .

Pada tanggal 6 Agustus 1945 , Bom Atom ciptaan Einstein meletus di Hirosima dan Nagasaki . Peristiwa ini benar-benar sangat mencengangkan dunia . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar